Cara Membuat Kue Lapis Ukuran 1 KG

Apakah kamu ingin membuat kue lapis yang lezat dan menggoda untuk disajikan di meja makan? Jika ya, kamu telah datang ke tempat yang tepat! Di sini, saya akan memberikan panduan tentang cara membuat kue lapis yang sempurna dengan ukuran 1 kg. Dengan mengikuti langkah-langkah yang saya berikan, kamu akan dapat membuat kue lapis yang enak dan menggoda untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Cara Membuat Kue Lapis Ukuran 1 KG

Kue lapis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Kue yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan santan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Apalagi, kue lapis dapat disajikan dalam berbagai acara, seperti acara pernikahan, ulang tahun, atau acara keluarga lainnya. Jika kamu ingin membuat kue lapis dengan ukuran 1 kg, berikut adalah panduan lengkapnya:

Bahan yang dibutuhkan:

400 gram tepung terigu
200 ml santan kental
8 butir telur
200 gram gula pasir
1/2 sendok teh vanila bubuk
1/4 sendok teh garam
Pewarna makanan (sesuai selera)

Langkah-langkah pembuatan kue lapis:

Siapkan loyang ukuran 20×20 cm, oleskan margarin atau mentega tipis-tipis pada permukaan loyang, kemudian taburi dengan tepung terigu. Sisihkan.

Kocok 4 butir telur dan 100 gram gula pasir dengan menggunakan mixer atau whisker hingga berwarna pucat dan kental.

Masukkan 200 gram tepung terigu, 100 ml santan kental, 1/4 sendok teh garam, dan 1/2 sendok teh vanila bubuk ke dalam adonan telur. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Bagi adonan menjadi 2 bagian yang sama banyak. Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing adonan sesuai dengan warna yang diinginkan.

Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius.

Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan mentega dan tepung terigu. Tuang 2 sendok sayur adonan warna pertama ke dalam loyang dan ratakan dengan menggunakan spatula.

Panggang selama 10-12 menit atau hingga adonan setengah matang. Keluarkan loyang dari oven dan tuang 2 sendok sayur adonan warna kedua ke atas adonan pertama, kemudian ratakan lagi dengan spatula.

Masukkan loyang kembali ke dalam oven dan panggang selama 10-12 menit. Ulangi langkah ini sampai adonan habis dan kue lapis terakhir tercampur sempurna.

Keluarkan kue lapis dari oven dan biarkan dingin. Potong-potong kue lapis dengan ukuran yang diinginkan.

Kue lapis siap dihidangkan sebagai cemilan atau sebagai sajian penutup setelah makan. Selain itu, kamu juga dapat menyimpan kue lapis dalam wadah kedap udara untuk disajikan di lain waktu. Nah, itulah panduan lengkap tentang cara membuat kue lapis ukuran 1 kg.

Itulah panduan lengkap tentang cara membuat kue lapis ukuran 1 kg yang lezat dan menggoda. Ingatlah bahwa membuat kue lapis memerlukan kesabaran dan ketelitian, jadi pastikan kamu mengikuti setiap langkah dengan seksama. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan kue lapis yang cantik dan lezat untuk dinikmati bersama orang-orang terdekatmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan komentar